Menggunakan Jasa Agen dan Manfaatnya dalam Menjual Properti

Seorang Agen biasanya menjadi perantara dalam transaksi jual beli di market. Sama seperti Agen umumnya dalam dunia properti agen berperan sebagai perantara atau fasilitator.agen properti akan menjembatani transaksi jual beli rumah, tanah, gedung dll.

Mungkin akan timbul pertanyaan apa properti itu dibutuhkan untuk menjual atau membeli rumah. Pasalnya, sudah banyak medium jual beli rumah yang sangat memudahkan semua orang dalam melakukan transaksi ini. Sebut saja marketplace online, sosial media, sampai iklan digital yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan jual beli rumah dengan cepat dan mudah.

Ternyata Meski demikian, di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang, peran agen properti dinilai masih membawa nilai tambah bagi calon pembeli atau penjual rumah.

Agen properti adalah perantara yang menghubungkan penjual dan pembeli rumah dalam transaksi jual beli. Fungsinya adalah untuk mempercepat dan memperlancar transaksi jual beli antara kedua belah pihak.

Seorang agen properti bisa mewakili penjual individu atau pengembang pembeli rumah. Dia juga bisa bekerja secara mandiri atau dibawah organisasi atau agen properti profesional. Tak hanya memfasilitasi penjual dan pembeli rumah, agen properti juga memiliki sejumlah fungsi lain yang tak kalah penting.

Pada dasarnya, tugas dan fungsi agen properti mencakup tiga hal, yakni:

1. Listing
Listing artinya agen properti akan mencari dan menyusun produk-produk properti yang akan dipasarkan. Biasanya tiap agen akan berfokus kepada satu area atau daerah tertentu. Itu sebabnya mereka memiliki pengetahuan yang baik soal harga properti di area yang menjadi fokusnya.

2. Selling
Selling artinya agen akan memasarkan dan menjual properti dari klien, bisa perorangan atau perusahaan pengembang. Di sini agen properti tugasnya mencakup pemasangan iklan, baik secara online maupun offline dan mencari pembeli potensial dari database pembeli rumah.

3. Closing
Fungsi terakhir adalah closing, yang artinya agen properti membantu proses transaksi jual beli rumah sampai tahap deal atau selesai. Di sini, tugas agen tak hanya mempertemukan penjual dengan pembeli yang tepat, tapi juga membantu proses pengumpulan dan verifikasi dokumen, mencarikan notaris,dll.

Bagaimanan memilih agen properti yang berkualitas. kita lanjutakan diartikel selanjutanya.