Mengenal Teknologi Drone FPV Pesawat Tanpa Awak

Drone atau pesawat remote awalnya populer sebagai properti untuk penerbang pengintai profesional untuk keperluan khusus. kini menjadi bagian dari teknologi fotografi dan sinematografi bahkan sebagai alat perang.

Salah satunya karena kini drone memiliki teknologi first-person view (FPV) yang identik dengan sudut kamera seperti mata pilot drone (orang pertama). Dimana pesawat drone sebagai menjadi pesawat tanpa awak.

Secara definisi, drone FPV merupakan teknik dari penerbangan pesawat tanpa awak yang dilakukan oleh pilot drone dari jarak yang jauh. Artinya, apa yang dilihat oleh pilot akan sama persis dengan apa yang dilihat oleh drone walaupun dari lokasi yang berbeda.

Teknologi drone FPV sendiri dikendalikan dengan sudut pandang drone dengan kamera yang disematkan pada bagian pesawat sehingga menciptakan sudut pandang searah dari drone tersebut.

Drone akan menyiarkan tangkapan video langsung ke dalam berbagai perangkat yang digunakan pilot seperti handphone dan layar perangkat khusus yang menunjang pengendalian drone melalui gelombang wifi ataupun 5G.

Drone sering digunakan untuk kebutuhan fotografi dan sinematografi di udara, inspeksi dan keamanan jarak jauh, serta kebutuhan hiburan. Namun, kini drone ini memiliki tujuan terkini yaitu alat perang seperti di perang Rusia-Ukraina.

Perangkat yang digunakan biasanya drone berukuran kecil sampai sedang. Drone perang ukurannya jauh lebih besar karena membawa senjata rudal.

Sistem kamera yang sudah terpasang pada perangkat dan mampu menyalurkan video dan pilot harus memiliki perangkat penerima gambar seperti monitor, layar ponsel, atau kacamata video berbentuk goggles.

Drone dengan sistem FPV akan memberikan pengalaman imersif karena ragam teknologi yang membuat sudut pandang pilot yang menerbangkan pesawat nirawak tersebut menjadi lebih futuristik.

Dalam segi akurasi, sistem ini juga bisa menyajikan kualitas yang lebih baik karena adanya transmisi berlatensi rendah yang memicu kecepatan reaksi dan kesadaran akan lingkungan sekitar.

Sedangkan pada kualitas gambar, sistem ini juga bisa membuat tangkapan foto atau video udara berkualitas resolusi 4K atau lebih dan pasti menjadi lebih menarik karena diambil langsung dari sudut pandang pesawat.