Mengenal Keunggulan Teknologi Rumah Pintar dan Aplikasinya

Teknologi dalam rumah yang kini semakin diminati adalah teknologi rumah pintar yang memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga saat berada di rumah.

Rumah pintar atau smart home system adalah otomatisasi fungsi rumah yang membuat anda dapat mengontrol rumah dengan sistem handphone atau online melalui sebuah platform.

Berbagai keunggulannya berikut ini:

1. Praktis dan Fleksibel
Salah satu indikator kehidupan modern adalah efisiensi. Dengan hadirnya teknologi canggih seperti bola lampu pintar yang bisa dikontrol lewat aplikasi handphone, maka hidup jadi lebih praktis. Bukan cuma nilai efisien dari kelebihan rumah pintar atau smart home, dengan adanya teknologi tersebut, pekerjaan akan terasa lebih mudah dan lebih fleksibel.

2. Menjamin Keamanan Rumah
Perangkat dari rumah pintar akan segera mengirim pesan ke perangkat Anda jika terjadi sesuatu. Dengan sistem rumah pintar Anda dapat mengetahui kondisi rumah secara mudah dan bisa juga melakukan controller system dari jarak jauh. Mendeteksi adanya pergerakan di dalam rumah, mengawasi lingkungan rumah menggunakan kamera pengintai dan sebagainya. Tanpa harus berkeliling rumah, keamanan rumah sudah sangat terjamin. Teknologi ini bisa mengunci rumah secara otomatis dengan pemasangan sensor khusus yang diletakkan di depan pintu dengan cara kerja melalui sensor dengan fingerprint, password, atau foto wajah.

3. Lebih Ramah Lingkungan
Teknologi rumah pintar juga memiliki kelebihan lain yaitu ramah lingkungan dengan penggunaan sumber daya yang lebih cerdas seperti menggunakan air dan listrik secara rasional. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur dalam menyalakan atau mematikan lampu, ataupun sumber listrik lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dengan satu perangkat ataupun dengan sensor yang bisa menyalakan atau mematikan lampu dari keberadaan seseorang.

4. Cukup Satu Perangkat untuk Semua Alat
Remote control pada umunya hanya bisa mengontrol alat elektronik pada radius tertentu. Namun, remote control yang Anda gunakan untuk smart home sangatlah canggih. Karena Anda bisa mengontrol segala sesuatunya di rumah meski Anda sedang berada di luar rumah. Sebagai contoh, Anda meninggalkan rumah dalam keadaan lampu yang masih menyala. Dengan remote khusus, Anda bisa mematikan lampu atau menggunakan remote tersebut untuk mematikan semua lampu rumah.

5. Pengendalian Dimana Saja
Pengunaan smart home system yang terhubung dengan perangkat Anda tentunya juga dapat dikendalikan dimanapun Anda berada. Pastinya dengan hal tersebut sangat memudahkan Anda dalam mengontrol penggunaan daya listrik dirumah. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengevaluasi penggunaan listrik yang tidak Anda perlukan. Teknologi ini praktis, mudah, dan tentu saja menyenangkan.

Aplikasi yang bisa teknologi Smarthome yang mudah dan murah untuk dipasang.

1. CCTV, Salah satu contoh paling nyata adalah pemasangan sistem pengawasan video rumahan yang terhubung ke internet. Kamera tersebut akan bekerja 24/7 dan memungkinkan pemilik untuk melihat apa yang terjadi di mana saja di rumah melalui aplikasi di ponsel cerdas. Terkadang kamera semacam itu memiliki sensor gerak – jika kamera melihat sesuatu bergerak (baik itu kucing, anjing, atau penyusup), kamera akan merekam file dan mengirimkannya ke server. Perangkat kemudian menerima pemberitahuan sehingga Anda dapat bereaksi secepat mungkin dan mungkin mencegah properti Anda dibobol.

2. Smart lock, Kunci rumah modern saat ini menggunakan kode akses untuk masuk ke dalam rumah Anda atau biasa disebut sebagai smart lock system. Fungsinya juga lebih dari sekedar menghindari penyusup masuk melainkan dapat mengirimkan pemberitahuan ketika seseorang sedang masuk atau keluar dari rumah Anda.

3. Smart Lighting, Anda dapat mengontrol lampu-lampu yang sudah terhubung melalui smartphone. Mulai dari mematikan dan menyalakan, semua bisa dilakukan dengan hanya sentuhan jari saja. Kehadiran lampu berteknologi canggih ini tentu dapat menghemat penggunaan listrik, sehingga anggaran bulanan menjadi lebih hemat.

4. Smart Thermostat, Berfungsi untuk mengatur pendinginan di dalam rumah. Alat ini mampu memutus dan menyalakan kembali peralatan pendingin rumah secara otomatis. Untuk smart thermostat Anda bisa mengontrolnya jauh lebih mudah. Alat ini mampu mendeteksi saat Anda pergi sehingga alat pendingin akan dimatikan secara otomatis. Kehadiran smart thermostat tentu membuat penggunaan listrik jadi jauh lebih hemat

Dan Masih banyak lagi dan akan terus berkembang.