Cara Mengasah Pisau dengan Batu Asahan yang Benar

Pisau tumpul sangat membuang banyak waktu saat memasak. Hasil potongan dari pisau yang tumpul juga tidak bagus dan dapat mempengaruhi hasil masakannya.  Pisau yang tumpul justru lebih berbahaya dibandingkan pisau tajam. Digunakan untuk memotong bahan-bahan makanan, bukannya terpotong, malah meleset. Saat bahan meleset, bisa-bisa pisau terkena tangan dan terluka.

Namun Kalau sudah diasah tapi tetap pisau masih tetap tumpul? mungkin cara mengasah pisaunya tidak benar. Kami ingin memberi tahu tips mengasah pisau agar tajam dan awet yang bisa dipraktikan di rumah.

1. BASAHI PISAU DAN ASAHAN
Sebelum mengasah pisau, kenali dulu asahan yang kita gunakan. Biasanya asahan yang digunakan adalah asahan yang terbuat dari batu kali. Kalau mengasah dengan menggunakan asahan batu, sebaiknya kita basahkan pisau dan asahannya.

Bila cuma pisau saja yang dibasahi, saat diasah lama kelamaan bisa kering dan tidak akan menajamkan pisau, begitu juga sebaliknya. Saat pisau dan asahan dibasahkan, proses mengasah juga jadi lebih mudah dan lebih tajam.

Tak hanya membasahi pisau dan asahan, kita juga bisa merendam asahan di dalam air terlebih dulu. Supaya lebih mudah, gunakan wadah transparan. Saat batu asahan masuk, biasanya ada gelembung di sekitarnya yang menempel. Setelah gelembugnya sudah hilang, baru angkat batunya dan lanjut mengasah pisau.

Air di sini berperan sebagai pelumas asahan agar mudah menajamkan pisau. Jadi saat diasah akan licin dan nyaman mengasahnya.

2. ASAH DENGAN BAGIAN YANG KASAR DULU
Batu asahan terdiri dari dua sisi, sisi pertama adalah yang kasar dan sisi sebaliknya adalah halus. Pertama-tama kita asah pisau di bagian yang kasar dulu. Bagian kasar ini berguna untuk meratakan bagian pisau.

Selain meratakan, bagian kasar ini juga berfungsi menghilangkan karat-karat yang menempel di pisau kita. Kita asah kedua sisi mata pisau sebanyak 10 kali saja. Harus diperhatikan, tangan harus menekan bagian metal pisau saat mengasah. Kenapa harus ditekan? Agar bagian tumpulnya terkena asahan pisau.

3. LANJUTKAN MENGASAH DENGAN BAGIAN YANG HALUS
Setelah merasa cukup mengasah dengan bagian kasar, kita pindah mengasah pisau ke bagian batu asahan yang halus. Bagian halus ini berfungsi untuk menajamkan pisau. Mengasah di bagian halus juga harus ditekan dan gosok mata pisaunya sebanyak 10 kali di masing-masing sisinya.

4. PERHATIKAN CARA MENGGOSOK PISAU 
Saat menggosok, jangan bolak-balik tetapi asah dari ujung ke ujung. Ketikan sudah digosok sampai ujung atas lalu angkat dan mulai lagi dari bagian bawah.

Posisi Mengasah Pisau yang Benar supaya semua bagian pisau terasah dengan baik. Pertama, ketinggian mata pisau disarankan setengah dua ibu jari. Posisi pisau tidak boleh lurus, tetapi 15-22 derajat mendekati batu asahan.

Mata pisau menghadap ke depan atau membalakangi kita, karena kita harus menggosok pisaunya ke arah depan. Jangan lupa untuk meletakkan jari-jari tangan kiri di bagian atas metal untuk menekan mata pisau.

Pisau anda pasti lebih tajam sekarang.